Wednesday 21 March 2018

باغيمانا هوبونغان موريتاليس دان هوكوم فوريكس


الجامعي لPENDIDIKAN INDONESIA Puji دان syukur kehadirat الله سبحانه وتعالى يانغ رحمة telah melimpahkan، petunjuk سيرتا karunianya، sehingga كامي dapat menyelesaikan penulisan الدلم bentuk makalah يانغ berjudul Karakteristik Perkembangan الأخلاقية دان الروحية Peserta Dididik سيرتا Implikasinya PADA Pendidikan. Adapun makalah رسائل كتبها هذا المؤلف dibuat untuk memenuhi توغاس ماتا kuliah Perkembangan بيسيرتا ديديك (بد). كامي منياداري باهوا دلام بينوليسان ماكلا إني ماسيه بانياك كيكورانغان، أولي كارينا إيتو كامي مينغارابكان ساران دان كريتيك يانغ دابات ديجاديكان بيربيكان أونكول توليسان-توليسان يانغ أكان داتانغ. دلام مينيلزايكان بينوليسان ماكالا إيني، كامي تيلاه بانياك ميندابات بانتوان، دورونغان دان بيمبينغان داري بيرباغاي بيهاك. أونتو إيتو بينيوسون إنجين منغوكابكان تيريما كاسيه كيبادا دوسن ماتا كوليا، أحمد ريفقي آش شيديقي، S. Pd، يانغ تيلاه ميمبيمبينغ دلام بينيوسونان ماكالا إيني، جوغا بادا ريكان-ريكان كلومبوك 8 اتاس كيرجاساما دان دوكانغان يانغ تيلاه ديبيريكان. كامي بيرهاراب سيموغا ماكالا إيني دابات ديمانفاتكان سيباغايمانا مستينيا سيرتا ونتوك مينمباه بيمبندهاران بينجيهوان دلام ميماهامي بيركامبانغان بادا بيسيرتا ديديك. سيموغا بانتوان، دورونغان سيرتا بيمبينغان يانغ تيل ديبيريكان كيبادا كامي علم بينيوسونان لابوران إين منداب بالاسان يانغ سيتبال داري الله سوت. أميين باندونغ، 24 سيبتمبر 2012 1.1 لاتار بيلاكانغ بيرماسلاهان بيسيرتا ديديك ميروباكان أسيت أوتاما دلام ميسي ميماجوكان بانغزا. ميريكا بيرلو ديديك دنغان بينار سوبايا تيداك منجادي جينيراسي بينوس يانغ صلاح كابرا. بينديديكان يانغ ديبيريكان تيداك هانيا دلام لينغكوب أكاديميك نامون منديك ديسيني ديماكسودكان أونتوك ميمبنتوك كيبريباديان يانغ سيسواي دنغان نورما هوكوم دان أغاما. دلام و ري ري No. 2 تاهون 1989، تنتانغ سيستيم بنديديكان ناسيونال (سيسديكناس)، باب إي باسال 4، ديجيلاسكان باهوا: 8221Pendidikan ناسيونال برتوغوان مينسيرداسكان كيهيدوبان بانغزا دان منغمبانغكان مانوسيا إندونيسيا سيتوهنيا، يايتو مانوسيا يانغ بريمان دان بيرتاكوا ترهاداب توهان يم دان بيربودي بيكيرتي لوهور ، ميميليكي بينجيهوان دان كيتيرامبيلان، كيسهاتان جاسماني دان روهاني، كيبريباديان يانغ مانتاب دان مانديري سيرتا راسا اللسان جواب كيماسياراكاتان دان bangsa82211. إيني ميروباكان صلاح ساتو داسار دان توجوان داري بنديديكان ناسيونال يانغ سيهاروسنيا منجادي أكوان بنغزا إندونيسيا. ديباسال تيرسيبوت جوغا ممبهاس تنتانغ توجوان بنديكان ناسيونال ونتوك منغمبانغكان مانوسيا يانغ بريمان دان بيرتاكوا كيبادا توهان يم. ماكا داري إيتو ديبيرلوكان بينجمبانغان مورال دان ريليجيوس بادا بيسيرتا ديديك. ديتمباه لاجي دنما سيماكسين مينورونيا أخلاقي دان سخيف ريماجا ماسا كيني يانغ ديتانداي ديني أكسي أناركيس، بينغونان ناركوبا، حر جنس، دان بورنوغرافي سيهينغا أورجنزي بينغمبانغان أخلاقي دان أغاما هاروس ليبيه ديتانكان قضيب لينغكوب بنديديكان. 1.2 روموسان دان بيرتانياان 1. أبا بينيباب أخلاك دان الأخلاقية ريماجا ماسا كيني سيماكين مينورون 2. أبا ساجا كاراكتيريستيك بينجمبانغان الأخلاقي دان ريليجي بادا بيسيرتا ديديك 3. أبا فاكتور-فاكتور بينجمبانغان الأخلاقي دان ريليجي بادا بيسيرتا ديديك 4. أوبايا أبا يانغ دابات ديلاكوكان ونتوك منغمبانغكان الأخلاقية دان ريليجي بادا بيسرتا ديديك 5. باغيمانا إمبليكاسي بيركمبانغان بيسرتا ديديك ترهاداب بنديديكان 1.3 تجوان دان مانفات بيمباسان توجوان بيمباسان منغيناي كاراكتيريستيك بينغمبانغان الأخلاقية دان ريليجي بادا بيسيرتا ديديك يايتو 183 منجيتاه بينيباب أخك دان الأخلاقية ريماجا ماسا كيني سيماكين مينورون 183 منجيتاه أبا ساجا يانغ تيرماسوك كاراكتيريستيك بنجمبانغان الأخلاقي دان ريليجي بيسيرتا ديديك. 183 منجيتياهوي أبا ساجا فاكتور-فاكتور يانغ ميمبنغاروبركمبانغان مورال دان ريليجي بيسيرتا ديديك. 183 منجيتاهوي دان دابات منغابليكاسيكان أوبا بينجمبانغان مورال دان ريليجي بيسيرتا ديديك دي روانغ لينغكوب بنديديكان. 183 ميماهامي إمبليكاسي بيركمبانغان بيسرتا ديديك ترهاداب بنديديكان 1.4 ميتود بيمباهاسان دلام بينوليسان ماكلا إيني ونتوك ميمبروله داتا-داتا يانغ ديبوتوهكان، بينوليس مينغوناكان ميتود ليتيراتور دان مينكاري إنفورماسي داري ميديا ​​إليكترونيك أتاو بروزينغ دي إنترنيت. هال إيني ديلاكوكان ونتوك مينمباه إنفورماسي يانغ بيرهوبونغان دنم كاكتيريستيك بيركامبانغان أخلاقي دان ريليجي بادا بيسيرتا ديديك. 2.1 بينيباب تيمبولينا كريسيس أخلاك دان مورال ديكالانغان ريماجا أدابون يانغ منجادي أكار ماسالا بينيباب تيمبانيا كريسيس أخال دان الأخلاقية في ديري بانياك ريماجا ديانتارانيا أدالا: بيرتاما، كريسيس أخلاج ترغادي كارينا لونغارنيا بيغانغان ترهاداب أغاما يانغ مينيبابكان هيلانغيا بينغونترول ديري داري دالام (سيلف كونترول) 3. سيلانجوتنيا ألات بينغونترول بيربينداهان كيبادا هوكوم دان ماسياراكات. نامون كارينا هوكوم دان ماسياراكات جوغا سوداه ليما، ماكا هيلانغلا سيلوروه ألات كونترول. أكيباثنيا مانوسيا دابات بيربوات سيسوكا هاتي دلام ميلاكوكان بيلانغغاران تانبا أدا يانغ مينيغور. كيدوا، كريسيس أخلاك ترجادي كارينا بيمبينان أليغال يانغ ديلاكوكان أوله أورانغ توا، سيكولا دان ماسياراكات سوداه كورانغ إفكتيف. باهوا بينانغونغجاواب بيلاكسانان بنديديكان دي نيغارا كيتا أدالا كيلورغا، ماسيرااكات دان بيمرينتاه. كيتيغا إنستيتوسي بنديديكان سوداه تيرباوا أوليه أروس كيهيدوبان يانغ منغوتاماكان ماتيري تانبا دييمبانجي دنغان بيمبينان منتل سبيريتوال. كيتيغا، كريسيس أخلاك تيرجادي كارينا ديراسنيا أروس بيدايا هيدوب ماترياليستيك، هيدونيستيك دان سيكولاريستيك. ديراسنيا أروس بيدايا يانغ ديميكيان ديدوكونغ أوله بارا بينياندانغ مودال يانغ سيماتا-ماتا منجيروق كيونتونغان ماتريال دنغان ميمانفاتكان بارا ريماجا تانبا ميمبراتيكان دامبانيا باغي كروساكان أخلاك بارا جينيراسي بينيروس بانغزا. كيمبات، كريسيس أخلاك تيرجادي كارينا بيلوم أدانيا كيماوان يانغ سونغوه-سونغوه داري بيمرينتا. كيكوسان، دانا، تيكنولوجي، سومبر ديا مانوسيا، بيلوانغ دان سيباغينيا يانغ ديميليكي بيميرينتا بيلوم بانياك ديغوناكان أونتاك ميلاكوكان بيمبينان أخلاك بانغزا. هال يانغ ديميكيان سيماكين ديبيربارا دنغان ولاه سيباجيان إليت بوليتيك بينغواسا يانغ سيماتاماتا منججار كيدودوكان، كيكايا دان سيباغينيا دنغان كارا-كارا يانغ تيداك منديديك، سيبيتي أدانيا براكتيك كوروبسي، كولوسي دان نيبوتيسم (كن). هانغ يانغ ديميكيان تيرجادي منغينغات بانغسا إندونيسيا ماسيه مينيرابكان بولا هيدوب باترناليستيك 2.2 كاراكتيريستيك بيركمبانغان الأخلاقية دان ريليجيوس أناك دان ريماجا بيريكوت إيني باباران منغيناي كاراكتيريستيك بيركامبانغان مورياليتاس دان ريليجيوس أناك دان ريماجا: 1. كاراكتيريستيك بيركمبانغان مورياليتاس بادا أناك مينوروت لورانس كوهلبرغ، أدا تيغا تانغكات دان تاهابان كراكتيريستيك بيركمبانغان أوراليتاس بادا أناك، يايتو موراليتاس دنغان بكسان (بريكونفنتيونال ليفيل)، أرتاليتاس داري أتوران-أتوران (تراديتيونال ليفيل)، دان أوروريتاس سيتيلا كونفنسيونال (بوستكونفنتيونال). 2. كاراكتيريستيك بيركمبانغان موراليتاس بادا ريماجا دالم مورياليتاس تيردابات نيليا-نيلاي مورال، يايتو سيروان أونتوك بيربوات بيك دان لارانغان بيربوات كيبوروكان. سيسورانغ ديكاتاكان بيرمورال أبابيلا تينغكاه لاكو أورانغ تيرسيبوت سيسواي دنغان نيلاي-نيلاي مورال يانغ ديجونجونغ تينغجي. بادا ماسا ريماجا، إنديفيدو تيرسيبوت هاروس منغنداليكان بيريلاكونيا سنديري أغار سيسواي دنغان نورما دان نيلاي يانغ بيرلاكو ديماسنياراكات، يانغ مانا سيبلومنيا منجادي تانغ جواب معلم دان أورانغ توا. 3. كاراكتيريستيك بيركامبانغان ريليجيوس بادا أناك بينانامان نيلاي-نيلاي كيغمان منيانغكوت كونسيب تنتانغ كيتوهانان، ريتوال إيبادا دان نيلاي مورال يانغ بيرلانغس سيمنجاك أوسيا ديني، أكان مامبو منغاكار سيكارا كوات دان ميمباوا دامباك يانغ سيغنيفيكان بادا ديري سيسورانغ سيبانجانغ هيدوبنيا (هرلوك، 1978، هال. 26). هال إيني ديكاريناكان بادا ماسا إيني، أناك بيلوم ميمبونياي كيمبوان مينولاك أتاوبون مينيتوجوي سيتياب بينجيهوان يانغ ديداباتكانيا. تاهابان-تاهابان بيركامبانغان كيغمان بادا أناك: 1. ماسا أناك-أناك أ. سيكاب كيجامان ريسبتيف مسكيبون بانياك برتانيا b. باندانغان كه-توهانان يانغ أنثرومورف (ديبرسونيفيكاسيكان) ج. بينغاياتان سيكارا روهانيا ماسيه سطحي (بيلوم دلام) 2. ماسا أناك سيكولا أ. سيكاب كيجمان بيرسيفات ريسبتيف دان ديسرتاي بينجرتيان b. باندانغان كه-توهانان ديترانغكان سيكاراراسيونال c. بينغاياتان سيكارا روهانيا ماكين مندلام 4. كاراكتيريستيك بيركامبانغان ريليجيوس بادا ريماجا بيركيمبانغان ريليجيوس ريماجا تيرجانتونغ باغيمانا دان أبا يانغ ديبيروليهانيا سيجاك ماسا أناك-أناك. أومومنيا، أبابيلا بنديديكان أغاما يانغ ديبيريان كوات ماكا بيركمبانغان ريليجيوس في سن المراهقة أكين من بوسيتيف دان بوله جادي سيماكين كوات. بيجيتو بولا سيباليكنيا، أبابيلا تيردابات بانياك كيرانكوان بيماهمان ترهاداب كيجمان، ماكا بيركمبانغان ريليجيوس ريماجا تيرسيبوت أكان تيرغانغو. بادا ماسا ريماجا، كيجمان سما بنتينغنيا دنغان مورال. أهلي أوموم (زاكيا، دارادجات، ستاربوش، ويليام جيمس) سيبيندابات باهوا بادا غاريس بيسارنيا بيركامبانغان كيغمان إيتو ديباجي دلام دوا تاهابان يانغ سيكارا كواليتاتيف مينونجوكان كاراكتيريستيك يانغ بيربيدا. 1. ماسا ريماجا أوال a. سيكاب سلبي ديسبابكان ألام بيكيرانيا يانغ كريتيس ميليهات كينياتان أورانغ-أورانغ يانغ بيراغاما سيكارا هيبوكريت. ب. باندانغان دلام كي-توهانانيا منجادي كاساو كارينا يا بانياك ميمباكا أتاو مندنغار بيرباغاي كونسيب دان بيميكيران يانغ تيداك كوكوك c. بينغاياتان روهانيانيا سيديرونغ سكيبتيك، سيهينغغا بانياك يانغ إنغان ميلاكوكان بيرباغاي كيجياتان ريتوال 2. ماسا ريماجا أخير a. سيكاب كيمبالي بادا أومنيا كيرا بوسيتيف دنغان تركابينيا كيديواسان إنتلكتوال b. باندانغان دلام هال كي-توهانان ديباهامكان دلام هال كونتكس أغاما يانغ ديوتنيا c. بينغاياتان روهانيانيا كيمبالي تينانغ 2.3 فاكتور يانغ ميمبنغاروهي بيركامبانغان الأخلاقية دان الروحية بيرداساركان سيجوملا هاسيل بينليتيان، بيركامبانغان إنترناليساسي نيلاي-نيلاي تيرجادي ميلالوي إيدنتيفيكاسي دينغان أورانغ-أورانغ يانغ ديانغابنيا سيباغاي نموذج. باجي بارا أهلي بسيكواناليسيس، بيركمبانغان مورال ديباندانغ سيباغاي بروسس إنترناليساسي نورما-نورما ماسياراكات دان ديباندانغ سيباغاي كيماتانغان داري سودوت أورغانيك بيولوجيس. مينوروت بسيكواناليسيس، مورال دان دانيلاي مينياتو دلام كونسيب سوبيريغو يانغ ديبنتوك ميلالوي جالان إنترناليساسي لارانغان-لارانغان أتاو بيرينتا-بيرينتا يانغ داتانغ داري لوار (خوسنيا أورانغ توا) سيديميكيان روبا، سيهينغغا أخيرنيا تيربنكار داري دلام ديري سينديري. تيوري-تيوري لين يانغ نون بسيكواناليسي بيرانغابان باهوا هوبونغان أناك-أورانغ توا بوكان ساتو-ساتونيا سارانا بيمبنتوكان مورال. بارا سوسيولوغ بيرانغابان باهوا ماسياراكات سينديري ميمبونياي بيران بينتينغ دلام بيمبنتوكان مورال. دلام أوساها ممبنتوك تينغكاه لاكو سيباجاي بنكرمينان نيلاي نيلاي هيدوب تيرترنتو، بانياك فاكتور يانغ ميمبنغارهي بيركامبانغان الأخلاقية ريليجي دان ريبيسرتا ديديك، ديانتارانيا يايتو: 1. فاكتور تينغكات هارمونيساسي هوبونغان أنتارا أورانغ توا دان أناك. 2. فاكتور سيبيرابا بانياك نموذج (أورانغ-أورانغ ناضجة يانغ سيمباتيك، تيمان-تيمان، أورانغ-أورانغ يانغ تيركينال دان هال هال لين) يانغ دييدنتيفيكاسي أوله أناك سيباغاي غامباران-غامباران مثالية. 3. فاكتور لينغكونغان ميمانغانغ بيرانان بنتينغ. ديانتارا سيغالا سيغالا أونسور لينغكونغان سوسيال يانغ بيربنغاروه، يانغ تامباكنيا سانغات بنتينغ أدالا أونكور لينغكونغان بيربنتوك مانوسيا يانغ لانغسونغ ديكينال أتاو ديهادابي أوله سيسورانغ سيباغاي بيروجودان داري نيلاي-نيلاي ترتنتو. 4. فاكتور سيلانجوتنيا يانغ ميمنغارهي بيركمبانغان أدال أدالا تينغكات بينغران. بيركامبانغان الأخلاقية يانغ سيفاتنيا بينينغاران مينوروت كولبرغ، ديبنغاروهي أوله بيركامبانغان نالار سيباغايمانا ديكيموكاكان أوله بياجيت. ماكينغ تينغجي تينغكات بينينغاران سيسورانغ منروت تاهاب-تاهاب بيركمبانغان بياجيت، ماكين تينغجي بولا تينغكات مورال سيسورانغ. 5. فاكتور إنتيراكسي سوسيال دلام أرمونيك كيسباكاتان بادا أناك ونتوك ميمبلاجاري دان مينيراكان ستاندارت بيريلاكو يانغ ديسيتوجوي ماسياراكات، كيلورغا، سيكولا، دان دلام بيرغولان دينغان أورانغ لين. 2.4 أوبايماليساسي أوبامايماليساسي بيركامبانغان الأخلاقية دان الروحية هورلوك منجيموكاكان أدا إمبات بوكوك أوتاما يانغ بيرلو ديبيلاجاري أوله أناك دلام منغوبتيمالكان بيركمبانغان مورالنيا، يايتو: 1. ميمبلاجاري أبا يانغ ديهارابكان كيلومبوك سوسيال داري أنغوتانيا سيباغايمانا ديكانتومكان دلام هوكوم. هارابان تيرسيبوت تيربيرينسي دولام بنتوك هوكوم، كيبياسان دان بيراتوران. تينداكان ترتنتو يانغ ديانغاب 8220benar8221 أتاو 8220salah8221 كارينا تينداكان إيتو مينونجانغ، أتاو ديانغاب تيداك مينونجانغ، أتاو منغالانجي كيسيجتيران أنغوتا كيلومبوك. كيبيسان يانغ بالينتينغ ديباكوكان منجادي بيراتوران هوكوم دنغان هوكومان ترتينتو باجي يانغ ميلانغغارنيا. يانغ لينيا، برتاهان سيباغاي كيبياسان تانبا هوكومان ترتينتو باجي يانغ ميلانغغارنيا. 2. بينغامبانغان هاتي نوراني سيباغاي كندالي الداخلية باجي بيرلياكو إنديفيدو. هاتي نوراني ميراباكان تانغابان تركونديسيكان ترهداب كيسيماسان منغيناي بيبيرابا سيتواسي دان تينداكان ترتنتو، يانغ تيله ديكيمبانغان دنغان منغاسوسياسيكان تينداكان أغريسيف دنغان هوكوم. 3. بينجيمبانغان بيرساان بيرسلا دان راسا مالو. سيتيلاه منجمبانغكان هاتي نوراني، هاتي نوراني ميريكا ديباوا دان ديغوناكان سيباغاي بيدومان بيريلاكو. راسا بيرسلا أدالا سيجينيس إيفالواسي ديري، خوسوس تيرجادي بيلا سورانغ إنديفيدو منغاكوي بيريلاكونيا بيربيدا دنغان نيلاي مورال يانغ ديراساكانيا واجيب ونتوك ديبنوهي. راسا مالو أدالا رياكسي إموسيونال يانغ تيداك مينينانغكان يانغ تيمبول بادا سيسورانغ الهاوي أدانيا بينيليان نيغاتيف ترهاداب ديرينيا. بينيليان إيني بيلوم تينتو بينار-بينار أدا، نامون منغاكيباتكان راسا رينداه ديري ترهاداب كيلومبونيا. 4. مينكونتوكان، ميموريكان كونتوه بيرارتي منجادي نموذج بيريلاكو يانغ ديينجينكان مونكول داري أناك، كارينا كارا إيني بيسا منجادي كارا يانغ بالينغ إفكتيف أون ميمبنتوك أخلاقي أناك. 5. لاتيهان دان بيمبياسان، مينوروت روبرت كوليز (وانتاه، 2005) لاتيهان دان بيمبياسان ميروباكان ستراتيجي بينتينغ دلام بيمبنتوكان بيريلاكو أخلاقي باد أناك أوسيا ديني. سيكاب أورانغ توا دابات ديجاديكان لاتيهان دان بيمبياسان باجي أناك. سيجاك كيسيل أورانغ توا سيلالو ميراوات، ميمليهارا، منغاغا كيسهاتان دان لين سيباغينيا أونتوك أناك. هال إيني أكان منغاجركان الأخلاقي يانغ بوسيتيف باجي أناك 6. كيسمباتان ميلاكوكان إنتيراكسي دنغان أنغوتا كيلومبوك سوسيال. إنتيراكسي سوسيال ميمغانغ بيرانان بينتينغ دلام بيركمبانغان أورال. تانبا إنتيراكسي دنغان أورانغ لين، أناك تيداك أكان منجيتاهوي بيريلاكو يانغ ديسيتوجوي سيكارا سوسيال، موبون ميميليكي سومبر موتيفاسي يانغ ميندورونغنيا أونتوك تيداك بيربوات سيسوكا هاتي. إنتيراكسي سوسيال أوال تيرجادي ديدلام كيلومبوك كيلورغا. أناك بيلاجار داري أورانغ توا، سودارا كاندونغ، دان أنغوتا كيلورغا لين تينتينغ أبا يانغ ديانغاب بينار دان صلاح أوله اللسان سوسيال تيرسيبوت. ديسيني أناك ميمبروله موتيفاسي يانج ديبيرلوكان ونتوك منجيكار ستاندار بيريلاكو يانغ ديتيتابكان أنغوتا كيلورغا. ميلالوي إنتيراكسي سوسيال، أناك تيداك ساجا ميمبونياي كيسمباتان أونتوك بيلاجار كود مورال، تيتاب ميريكا جوغا ميندابات كيسمباتان أونتوك بيلاجار باغيمانا أورانغ لاين مينجيفالواسي بيريلاكو ميريكا. كارينا بينغاروه يانغ كوات داري كيلومبوك سوسيال بادا بيركامبانغان مورال أناك، بنتينغ سيكالي جيكا كيلومبوك سوسيال، تمبات أناك منجيدنتيفيكاسيكان ديرينيا ميمبونياي ستاندار الأخلاقية يانغ سيسواي دينغان كيلومبوك سوسيال يانغ ليبيه بيسار دولام ماسيراكارات. 2.5 إمبليكاسي بيركمبانغان بيسرتا ديديك ترهاداب بنديديكان مانوسيا بادا أومنيا بيركيمبانغ سيسواي دنغان تاهابان-تاهابانيا. بيركامبانغان ترسيبوت ديمولاي سيجاك ماسا كونسيبسي هينغغا أخير هيات. كيتيكا إنديفيدو ميماسوكي أوسيا سيكولا، ياكيني أنتارا توجوه سامباي دنغان دوا بيلاس تاهون، إنديفيدو ديماكسود سوداه دابات ديسبوت سيباجاي بيسيرتا ديديك يانغ أكان بيرهوبونغان دنغان بروسس بيمبلاجاران دلام سواتو سيستيم بنديديكان. كارا بيمبلاجاران يانغ ديهارابكان هاروس سيسواي دنغان تاهابان بير-كيمبانغان أناك، ياكني ميميليكي كاراكتيريستيك سيباجاي بيريكوت: (1) بروغرينيا ديسوسون سيكارا فليكسيبيل دان تيداك كاكو سيرتا ميمبراتيكان بيربيدان أناك الفردية (2) تيداك ديلاكوكان سيكارا مونوتون، تيتابي ديساجيكان سيكارا فاريفاتيف ميلالوي بانياك أكتيفيتاس دان (3) ميليباتكان بينغونان بيرباغاي ميديا ​​دان سومبر بيلاجار سيهينغغا ميمونغكينكان أناك تيرليبات سيكارا بينوه دنغان منغوناكان بيرباغاي بروسس بيركمبانغانيا (أمين بوديامين، دك. 2009: 84). أسبيك-أسبك بيركمبانغان بيسيرتا ديديك يانغ بيريمبليكاسي ترهادب بروسس شقراء ميلوكي كاراكتيريستيك بيركامبانغان أخلاقي دان ريليجي أكان ديواريكان سيبيرتي دي بواه إيني. 1. إمبليكاسي بيركمبانغان مورال بوروانتو (2006: 31) بيربندابات، بوكان هانيا ميميليكي أرتي بيرتينغكا لاكو سوبان سانتون، بيرتينداك دينغان ليماه ليمبوت، دان بيرباكتي كيبادا أورانغ توا ساجا، ميلينكان ليبيه لواس لاجي داري إيتو. سيلالو بيركاتا جوجور، بيرتينداك كونسيكون، بيرتانغونغ جواب، سينتا بانغزا دان سيساما مانوسيا، منغابدي كيبادا راكيات دان نيكارا، بيركماوان كيراس، بيربراسان هالوس، دان سيباجينيا، تيرماسوك بولا كي علم أخلاقي يانغ بيرلو ديكيمبانغكان دان ديتانامكان دلام هاتي سانوباري أناك-أناك. أدابون بيركمبانغان مينورال موروروت سانتروك يايتو بيركمبانغان يانغ بيركيتان دينغان أتوران منغيناي هال يانغ سيهاروسنيا ديلاكوكان أوله مانوسيا دلام إنتيراكسينيا دنغان أورانغ لين (ديسميتا، 2008: 149). بيركامبانغان مورال أناك دابات بيرلانغس ميلالوي بيبيرابا كارا، صلاح ساتونيا ميلالوي بنديديكان لانغسونغ، سيبيرتي ديونكابكان أوله يوسف (2005: 134). بنديديكان لانغسونغ ييتو ميلالوي بينانمان بينجرتيان تنتانغ تينغكاه لاكو يانغ بينار-صلاح أتاو بيك-بوروك أوله أورانغ توا دان غورونيا. سيلانجوتنيا ماسيه مينوروت يوسف (2005: 182)، بادا أوسيا سيكولا داسار أناك سوداه دابات منغيكوتي تونتوتان داري أورانغ توا أتاو لينغكونغان سوسيالنيا. بادا أخير أويا إيني، أناك دابات ميماهامي ألاسان يانغ مينداساري سواتو بينتوك بيريلاكو دنجان كونسيب بايك-بوروك. ميسالنيا، ديا ميماندانغ باهوا بيرباتان ناكال، بيردوستا، دان تيداك هورمات كيبادا أورانغ توا ميروباكان سواتو هال يانغ بوروك. سيدانغكان بيرباتان جوجور، عادل، دان سيكاب هورمات كيبادا أورانغ توا ميروباكان سواتو هال يانغ بيك. سيلين بيماباران دي أتاس، بياجيه (هورلوك، 1980: 163) ميماباركان باهوا أوسا أنتارا ليما سامباي دنغان دوا بيلاس تاهون كونسيب أناك منغيناي مورال سوداه بيروباه. بينجرتيان يانغ كاكو دان كيراس تنتانغ بينار دان صلاح يانغ ديبيلاجاري داري أورانغ توا، منجادي بيروبا دان أناك مولاي ميمبرهيتونغكان كيدان-كيدان خوسوس دي سيكيتار بيلانغغاران مورال. ميسالنيا باجي أناك أوسيا ليما تاهون، بيربوهونغ سيلالو بوروك. سيدانغكان أناك يانغ ليبيه بيزار صادار باهوا دلام بيبيرابا سيتواسي، بيربوهونغ ديبيناركان. أوله كارينا إيتو، بيربوهونغ تيداك سيلالو بوروك. سيلين لينغكونغان كيلورغا، لينغكونغان بنديكان جوغا منجادي واهانا يانغ كوندوسيف باجي بيرتومبوهان دان بيركامبانغان الأخلاقية بيسيرتا ديديك. أونتو إيتو، سيكولا ديهارابكان دابات بيرفونغسي سيباغاي كواسان يانغ سيجوك أونتو ميلاكوكان سوسياليساسي باجي أناك-أناك دلام بينجمبانغان مورال دان سيغالا أسبك كيبريبادياننيا. بيلاكسانان بنديديكان مورال دي كيلاس هيندكنيا ديهوبونغكان دنغان كيهيدوبان يانغ أدا دي لوار كيلاس. دكان ديميكيان، بيمبينان بيركمبانغان أخلاقي بيسيرتا ديديك سانجات بينتينغ كارينا بيركوما ساجا جيك منديك أناك-أناك هانيا أونك منجادي أورانغ يانغ بيريلمو بينجيهوان، تيتابي جيوا دان واتاكيا تيداك ديبانغون دان ديبينا. 2. إمبليكاسي بيركمبانغان الروحية أناك-أناك سيبيناريا تيلاه ميميليكي داسار-داسار كيمابوان يانغ ديباوانيا سيجاك لاهير. أونتوك منجمبانغكان كيمابوان إيني، بنديديكان ميمبونياي بيرانان يانغ سانغات بنتينغ. أوله كارينا إيتو، ونتوك ميلاهركان مانوسيا يانغ بير-سك تينغجي ديبوتوهكان بنديديكان يانغ تيداك هانيا بيرورينتاسي بادا بيركمبانغان أسبيك إق ساجا، ميلينكان إق دان سك جوغا. زوهار دان مارشال (ديسميتا، 2008: 174) بيرتاما كالي منيليتي سيكارا إلميا تنتانغ كيسيرداسان روحي، يايتو كيسيرداسان أونتوغ مانغادابي دان ميمسكان في سن المراهقة ماكانا دان نيلاي، يانغ مينيمباتكان بيريلاكو دان هيدوب مانوسيا دلام كونتكس ماكنا يانغ ليبيه لواس دان كايا. بوروانتو (2006: 9) منجيموكاكان باهوا بنديديكان يانغ ديلاكوكان ترهاداب مانوسيا بيربيدا دنغان 8220pendidikan8221 يانغ ديلاكوكان ترهاداب بيناتانغ. مينوروتنيا، بنديديكان بادا مانوسيا تيداك تيرليتاك بادا بيركيم-بانغان بيولوجيس ساجا، يايتو يانغ بيرهوبونغان دنغان بيركمبانغان جاسماني. أكان تيتابي، بنديديكان بادا مانوسيا هاروس ديبرهيتونغكان بولا بيركمبانغان روهانينيا. إيتولا كيليبيهان مانوسيا يانغ ديبيريكان أوله الله سوت. يايتو ديانوجيراهي فيترا (بيرسان دان كيمامبوان) ونتوك منغنال بينسيبتانيا، يانغ ممبدداكان أنتارا مانوسيا دنغان بيناتانغ. فيترا إيني بيركيتان دنغان أسبك روحي. بيركايتان دنغان بيركامبانغان روحي يانغ ميمباوا بانياك إمبليكاسي ترهاداب بنديديكان، ديهارابكان مونكول مانوسيا يانغ بينار-بينار أوتوه داري ليمباغا-ليمباغا بنديديكان. أونتو إيتو، بنديديكان أغاما نامبانيا هاروس تيتاب ديبيرتاكانكان سيباغاي باجيان بينتينغ داري بروغرام-بروغرام بنديديكان يانغ ديبيريكان دي سيكولا دازار. تانبا ميلالوي بنديديكان أغاما، مستهيل سك دابات بيركمبانغ بايك دلام ديري بيسيرتا ديديك. 3.1 أناليسيس توريتيس أوسيا ترانسيسي يانغ ديالامي ريماجا سيندرونغ ممباوا دامباك بسيكولوجيس ديسامبينغ ميمباوا دامباك فيسيولوجيس، ديمانا بيريلاكو ميريكا سينديرونغ بيرفيكير بيندك دان إنجين سيبا دلام ميمكاكان بيرباغاي بيرماسالاهان كيهيدوبان. نامون، تيداك سيديقيت جالان يانغ ديتمبوه أدالا جوان يانغ سيسات دان منغ ريسيكو. كارينا بروسس بيرفيكير سيبيرتي إيتو، ريماجا تيداك مامبو لاجي ممبداكان هال بيك دان هال بوروك أون ديكاديكان أكوان بريلاكو يانغ سيسواي دنجان بيرينتا دان لارانغان أغاما يانغ ديوتنيا. سيلين إيتو ريماجا سنديرونغ منتوبي إكسيستنسي كهيدوبانيا دنغان منغابايكان أجاران أغاما يانغ ديانوتنيا دان نيلاي معياري يانغ ديتانامان بادا ديرل دسار منيليزايكان بيرسوالان. دنغان كوندسي بريلاكو ريماجا ترسيبوت، سيرينغكالي ميريكا منغالامي كيغاجالان دلام منجالاني بيموليهان دان تيداك مامبو لاجي ميمبانكيتكان كيساداران روحي. سيسونغونيا، كيساداران دان كيكواتان سبيريتوال أكان ديبيروله جيكا ريماجا مندكاتكان ديرينيا دنغان كيتاتان دان أماليا إبادا كيبادا توهانيا كيتيكا ديهادابكان بادا بيرباغان هيدوبنيا. هوبونغان مانوسيا روشيان دنغان رابنيا كيتيكا بيريبادا أكان ميمونكولكان كيكواتان سبيريتواليا بيروبا ليمباهان إلهيا أتاو كيتيكان سبيريتوال بيروبا آل-هيكمة. تيكادنيا بيرتامباه كوات، كيماوانيا سيماكين كيراس، دان سيمانغاتنيا كيان مينينغكات سيهينغا يا بان ليبيه ميميليكي كيسيابان ونتوك مينريما إلمو بينجيتهوان أتاو هيكمة (ناجاتي، 2005: 456) حكمه ميروباكان كارونيا الله بيروبا بيماهمان ma8217rifat الله. هيكمة دابات مينمباه كيموليان أتاو منغانغكات (ديراجات) مانوسيا سيباغاي هامبا-نيا. بميكنيا أكان مينكرمينكان سيري-سيري بارا نبي يانغ أدا بادا ميريكا. هيكمة يانغ ميليكينيا أكان مينونتون ديرينيا كيبادا كيماسلاتان يانغ تيبات دلام ميلاكساناكان سيموا أكتيفيتاس دان بيرباتان سيهاري-هاري سيهينغغا مامبو منسيغاه دان منغاغا ديري داري أخلاك-أخلاك يانغ تيداك ديريدوي-نيا. كارينا إيتو هيكمة تيداك ديانوجيراكان كيدابا سيتياب أورانغ، أكان تيتابي ترلاهير داري سيجوملا فاكتور دان سيباب يانغ ميروباكان فاضيلة دان نيكمات داري الله. فاكتور ميرايه هيكمة إيلا، ميليبوتي: a. بيرداساركان إلمو سيريات c. سيوكور دان صابر دان d. بيردوا دان تاواكال سيدانغكان فاكتور بينغالانغ إيبادا ميليبوتي: c. كيسومبونغان دان د. كيراس دان كاسار (ناشر، 1995: 19) 3.2 أناليسيس براكتيس كاجيان يانغ ديلاكساناكان ترهاداب سيبواه بيمبالاجاران يانغ بيرغونا أونتوك مينيليتي ستروكتور أتاو تينغكات كيسوليتان داري بيمبلاجاران يانغ ديساجيكان دنغان كارا مندلام، سيديرهانا، تيداك روميت موداه ديلاكوكان أتاو ديلاكساناكان. تيداك هانيا مينغاناليسيس ماسالا ماتيري بيمبلاجاران ساجا تابي ميليبوتي كاراكتيريستيك داري بيسيرتا ديديك ميسالنيا سيكاب سوبان سانتون، ميبيري سلام، دان سالينغ تيغور سابا دي دلام بروسس بيمبلاجاران موبون ديليوار مربى بيلاجاران. سالينغ منغورماتي أنتارا بيزيرتا ديديك دان دنغان بينغاجار موبون أنتارا بيسيرتا ديديك. سيلين إيتو بيكالي نيلاي-نيلاي ريليجي ميمبردلام أغاما دان كيبيركاياان ماسينغ-ماسينغ أجار تيربينتوك ألخ دان بيرياكو يانغ بيك بادا بيسيرتا ديديك. توجوان داري أناليسيس براكتيس دلام بيركمبانغان بيسيرتا ديديك ونتوك مانيلا دان منجيتاهوي كاراكتيريستيك دان ماسالا يانغ ديهادابي بيرسيرتا ديديك يانغ بيرلو ديانغكات دلام بينجمبانغان بانغكات بيمبلاجاران. ناسيهات يانغ ديبيريكانبون بوكان سيكيدار بروسس ميموريكان بيرتولونغان دان دوكونغان سوسيال ساجا، تيتابي جوغا هاروس ميروجوك دنغان مها بينسيبتانيا، ياكيني سوت. ناسيهات يانغ ديبيريكان دياراهان ونتوك منغمباليكان كيمانان دان كيتاكوان سيرتا ريليجيوس، يانغ أكان ميماوا بادا إكسيستنسي ديرينا دان دابات مينيموكان سيترا ديرينيا، سيسوي دنجان كيبيناران يانغ الهاوي دان كيمنانغان يانغ أبادي أونك ميراي كيباجاجيان كيهيدوبان يانغ الهاويكي. كيسيمبولان دان ريكومنداسي بيركامبانغان ريليجيوس ريماجا تيرغانتونغ باغيمانا دان أبا يانغ ديبيرولنيا سيجاك ماسا أناك-أناك. أومومنيا، أبابيلا بنديديكان أغاما يانغ ديبيريان كوات ماكا بيركمبانغان ريليجيوس في سن المراهقة أكين من بوسيتيف دان بوله جادي سيماكين كوات. بيجيتو بولا سيباليكنيا، أبابيلا تيردابات بانياك كيرانكوان بيماهمان ترهاداب كيجمان، ماكا بيركمبانغان ريليجيوس ريماجا تيرسيبوت أكان تيرغانغو. بادا ماسا ريماجا، كيجمان سما بنتينغنيا دنغان مورال. كاراكتيريستك بيركمبانغان أخلاقي دان ريليجي بادا بيسيرتا ديديك سانغات بنتينغ ديتيراب دلام لينغكوب بانديديكان منغينغ بيركامبانغان زمان دان موديرنيساسي يانغ ميمبوت أخلاقي جينيراسي مودا سيماكسين تيربيروسوك. تلعب على الانترنت مجانا. 4.2.1 إلى دوسن أتاو معلم جوارب بيربيران تيداك هانيا عضوي جنس دسار في الهواء الطلق ساجا نامون جوجا منديك دلم ممبنتوك كيبريباديان أناك. ماكا داري إيتو ديبيرلوكان ميتود منغاجار يانغ تيداك مونوتون. بيرلو أدانيا دورونغان موتيفاسي بادا أناك جوغا باباران منغيناي تينداكان-تينداكان يانغ بايك بينام بينتوك سيريتا. مينغوكوم أناك تيرلالو بيرات بون بيربوتنسي أناك سيماكين تيداك سوكا بادا ماتا بيلاجاران يانغ دياجاركان بهكان بادا سوسوك معلم ترسيبوت. 4.2.2 أونوك أورانغ توا لينغكونغان كيلورغا سانغات بيربنغاروه دلام بيركمبانغان أخلاقي دان الروحية أناك. أونتو إيتو بيرلو ديسيبتاكان كيهيدوبان كيلورغا يانغ هارمونيس منغينغات أناك أكان سيلالو ميريكام أبا يانغ تيرجادي دلام كيلوارغانيا. ديسيني بيران أورانغ توا سانجات ديبثوهكان كارينا تينغكا لاكو أورانغ توا ميروباكان سيرمينان داري بريلاكو أننيا كيلاك. أونتوك ميمبانغون مورال أنك، ماكا أورانغ توا هاروس سيلالو ميموريكان بيرهاتيان دان دوكونغان ونتوك أننيا نامون جوغا هاروس بياس بيرسيكاب تيغاس دولام مينانغاني بيرماسلاهان أناك. Baharuddin.2009. بنديديكان دان بسيكولوجي بيركيمبانغان. جوغاكارتا: أر-روزز ميديا ​​Baharuddin.2009. بسيكولوجي بنديديكان. جوغاكارتا: أر-روزز ميديا ​​هارتونو، Agung.2002. بيركمبانغان بيسيرتا ديديك. جاكرتا: رينيكا سيبتا إيسن 1411-5026. (2010).Jurnal بيمبينغان دان كونسلينغ. بينغوروس بيزار أسوسيسي بيمبينغان دان كونسلينغ إندونيسيا (أبكين): باندونغ سيامسودين، Abin.2007. بسيكولوجي كيبنديديكان. باندونغ: روزدا كاريا يوسف، Syamsu.2011.Perkembangan بيسيرتا ديديك. جاكارتا: راجاوالي بيرسجيلاسكان يانغ ديماكسود دينغان إتيكا بيسنيس باغيمانا بينيرابان إتيكا بيسنيس أوله بينغوساها دان بيروساهان يانغ سودارا بيليه جيلاسكان هوبونغان أنتارا إتيكا دان هوكوم باغيمانا مانفات إتيكا بيسنيس باجي سيورانغ بينغوسا بيريكان كونتوه بادا بينغوساها دان بيروسهاان يانغ سودارا بيليه باغيمانا دامباك سلبي بيلا بينغوساها تيداك منجالانكان أوساها سيسوي دينغان إتيكا بيسنيس بيريكان كونتوه بادا بينغوسها دان بيروساهان يانغ سودارا بيليه جيلاسكان يانغ ديماكسود دينغان تانغونغ جواب الاجتماعية أباكاه بيروساهان سودارا منجالانكان تانغونغ جواب الاجتماعية جيلاسكان باغيمانا استراتيجي بينتوك تانغونغ جواب الاجتماعية باغيمانا هوبونغان أنتارا إتيكا بيسنيس دان كيبوتوسان بيسنيس بيريكان كونتوه بادا بينغوساها دان بيروسهان يانغ سودارا بيليه جيلاسكان تانتانغان بيلاكسانان تانغونغ جواب سوسيال بيريكان كونتوه بادا بينغوساها دان بيروساهان يانغ سودارا بيليه بيريكان إتيكا بيسنيس يانغ ديتيرابكان أونتوك أوساها يانغ سودارا جالانكان بيريكان كيغياتان تانغونغ جواب سوسيال يانغ سيسواي دنغان أوساها يانغ سودارا جالانكان 1. إتيكا بيسنيس ميروباكان كارا ونتوك ميلاكوكان كيجياتان بيسنيس، يانغ مينكاكوب سيلوروه أسبك يانغ بيركيتان دنغان إنديفيدو، بيروساهان دان جوغا ماسياراكات. إتيكا بيسنيس دلام سواتو بيروساهان دابات ممبنتوك نيلاي، نورما دان بيريلاكو كارياوان سيرتا بيمبينان دلام ميمبانغون هوبانغان يانغ أديل دان سيهات دنغان بيلانغان / ميترا كيرجا، بيميغانغ سهم، ماسيراكارات. بيروساهان مياكيني برينسيب بيسنيس يانغ بيك أدالا بيسنيس يانغ بيريتيكا، ياكني بيسنيس دنغان كينيرجا أونغول دان بيركينسينامبونغان يانغ ديجالانكان دنغان منتاتي كيدا-كيدا إتيكا سيجالان دنغان هوكوم دان بيراتوران يانغ بيرلاكو. 2. دلام بيروساهان يانغ سايا بيليه بينيرابان إتيكا بيسنيسيا تيرليهات باغيمانا سيكاب يانغ سانتون أنتارا أتاسان دان كارياوان بيجيتو جوغا سيبليكنيا سيهينغغا دابات ممبنتوك سواتو هوبونغان يانغ بايك ديدلام سواتو بيروسهاان دان مينجونجونغ تينغجي إنتيراكسي دان كومونيكاسي يانغ بيك. 3. إيتيكا بيرهوبونغان بيريلاكو مانوسيا. مانوسيا إيتو ياكين دان واجيب بيربوات بايك دان مينغنداري يانغ جهات. Oleh كارينا إيتو دلام إتيكا ميمبرماسالاكان هال-هال سيبيرتي: أباكاه يانغ ديسبوت بيك إيتو، أباكاه يانغ بوروك إيتو، أباكاه أوكوران بيك دان بوروك إيتو، أباكاه سارا باتين إيتو، منغابا أورانغ تيريكات بادا kesusilaan. أرتي مينوروت باهاسا، إتيكا ديبيداكان أرتينيا دنغان مورال (كاموس بيزار باهاسا إندونيسيا). إتيكا ميروباكان: 1). إلمو تينتانغ أبا يانغ بيك دان أبا يانغ بوروك، سيرتا هاك دان كيواجيبان مورال (أخلاك) 2) كومبولان أساس أتاو نيلاي يانغ بيركينان دينغان أخلاك 3) نيلاي منغناي بينار دان صلاح يانغ ديانوت أوله سواتو غولونغان أتاو ماسيراكارات. سيدانغكان بيرالتي بيرالتي: 1) أجارانت تنتانغ بايك بورك يانغ ديتريما أوموم منغناي بيرباتان، سيكاب، كيواجيبان دان سيباغينيا 2) - kondisi يانغ ميمبوات أورانغ بيراني، بيرسمانغات، بيرجيرة، بيرديسيبلين - isi هاتي أتاو كيدان بيراسان سيباغاغانا تيرونغكاب دلام بيرباتان. 4. منفات إتيكا بيسنيس باجي بيروساهان: دابات مينينغكاتكان كريديبيتاس سواتو بيروسهان، كارينا إتيكا تيلاه ديجاديكان سيباغاي كوربورات كولتور. هال إيني تروتاما بنتينغ باجي بيروسهاان بيسار يانغ كارياوانا تيداك سيموانيا سالينغ منغينال ساتو سما لينيا. دنغان أدانيا إتيكا بيسنيس، سيكارا إنترن سيموا كارياوان تيريكات دنغان ستاندارد إتيس يانغ سما، سيهينغغا أكان مفيغامبيل كيبيجاكان / كيبوتوسان يانغ سما ترهاداب كاسوس سيجينيس يانغ تيمبول. دابات ميمبانتو منغيلانغكان منطقة رمادية (كواسان كيلابو) ديبيدانغ إتيكا. (بينريمان كوميسي، بينغونان تيناغا كيرجا أناك، كيواجيبان بيروساهان دلام ميلندونغي لينغكونغان هيدوب). مينجيلاسكان باغيمانا بيروساهان مينيلاي تانغونغ جواب سوسيالنيا. منيدياكان باجي بيروسهاان دان دونيا بيسنيس بادا أومنيا، كيمونغكينان ونتوك منغاتور ديري سينديري (سيلف ريجولاتيون). باجي بيروسهاان يانغ تيلاه غو بوبليك دابات ميمبروله مانفات بيروبا مينينغكاتنيا كيبيركاياان بارا إنفستور. سيلين إيتو كارينا أدانيا كنيكان هارجا سهم، ماكا دابات مناريك مينات بارا إنفستور أونتوك ميمبلي سهم بيرسهان ترسيبوت. دابات مينينغكاتكان دايا سينغ (ميزة تنافسية) بيروساهان. ميمبانغون صورة الشركة / سيترا بوسيتيف. سيرتا دلام جانغكا بانجانغ دابات منجاغا كيلانغسونغان هيدوب بيروساهان (سوستينابل كومباني). إتيكا بيسنيس بيروساههان ميميليكي شقراء في سن المراهقة بنتينغ، يايتو أونتوك ميمنتوك سواتو بيروسهاان يانغ كوكوه دان ميميليكي دسايا سينغ يانغ تينغجي سيرتا ميمبونييا كيمبوان منسيبتاكان نيلاي يانغ تينغجي، ديبيرلوكان سواتو لانداسان يانغ كوكوه. 5. بيلا سيبواه بيروسهاان تيداك منجالانكان إتيكا بيسنيسنيا دنغان بيك دامباك نيغاتيفنيا تنتو بانياك سيكالي ياكين أكان بيراكيبات بانغكروت دان تيداك أدا بيلانغان يانغ أكان بيركايا كيبادا بروداك / جاسا يانغ بيروساهان جالانكان سيرتا جيليكنيا إيماج بيروسهاان. 6. تانغونغ جواب سوسيال بيروساهان أتاو المسؤولية الاجتماعية للشركات (سيلانجوتنيا دلام أرتيكيل أكان ديسينغكات سسر) أدالا سواتو كونسيب باهوا أورغانيزاسي. خوسنيا (نامون بوكان هانيا) بيروساهان أدالا ميميليكي سواتو تانغونغ جواب ترهاداب كونسومين. karyawan. بيميجانغ سهم. كومونيتاس دان لينغكونغان دلام سيغالا أسبيك أوبيراسيونال بيروسهان. 7. أدا بيبيرابا ألاسان منغابا سيبواه بيروساهان ميموتوسكان ونتوك مينيرابكان سسر سيباغاي باجيان داري أكتيفيتاس بيسنيسنيا، ياكني موراليتاس. بيروساهان هاروس بيرتانغونغ جواب كيبادا بانياك بيهاك يانغ بيركيبنتينغان تيروتاما تيركايت دنغان نيلاي-نيلاي مورال دان كيغمان يانغ ديانغاب بيك أوله ماسياراكات. Hal tersebut bersifat tanpa mengharapkan balas jasa. Pemurnian Kepentingan Sendiri. Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang berkepentingan karena pertimbangan kompensasi. Perusahaan berharap akan dihargai karena tindakan tanggung jawab mereka baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Teori Investasi. Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap stakeholder karena tindakan yang dilakukan akan mencerminkan kinerja keuangan perusahaan. Mempertahankan otonomi. Perusahaan harus bertanggung jawab terhadap stakeholder untuk menghindari campur tangan kelompok-kelompok yang ada didalam lingkungan kerja dalam pengambilan keputusan manajemen. 5. Dimensi Moral dalam Pengambilan Keputusan Bisnis 6. Terlepas dari rumitnya hubungan etika bisnis dengan ekonomi dan hukum, bisnis adalah organisasi ekonomi yang tidak hanya menjalankan kegiatannya berdasarkan aturan-aturan hukum yang berlaku, tetapi juga norma-norma etika yang berlaku di masyarakat. 7. Bahkan dapat dikatakan, bahwa seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya bisnis yang bertanggung jawab sosial, etika merupakan dimensi sangat penting yang harus selalu dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan bisnis. 8. Cakupan Etika Bisnis 1. Isu-isu yang dicakup oleh etika bisnis meliputi topik-topik yang luas. Isu-isu ini dapat dikelompokkan ke dalam 3 dimensi atau jenjang, yaitu: (1) sistemik, (2) organisasi, dan (3) individu. 2. Isu-isu sistemik dalam etika bisnis berkaitan dengan pertanyaan-pertanyaan etika yang timbul mengenai lingkungan dan sistem yang menjadi tempat beroperasinya suatu bisnis atau perusahaan: ekonomi, politik, hukum, dan sistem-sistem sosial lainnya. 3. Isu-isu organisasi dalam etika bisnis berkenaan dengan pertanyaan-pertanyaan etika tentang perusahaan tertentu. 4. Sementara itu, isu-isu individu dalam etika bisnis menyangkut pertanyaan-pertanyaan etika yang timbul dalam kaitannya dengan individu tertentu di dalam suatu perusahaan. 5. Manajemen beretika, yakni bertindak secara etis sebagai seorang manajer dengan melakukan tindakan yang benar (doing right thing). Manajemen etika adalah bertindak secara efektif dalam situasi yang memiliki aspek-aspek etis. Situasi seperti ini terjadi di dalam dan di luar organisasi bisnis. Agar dapat menjalankan baik manajemen beretika maupun manajemen etika, para manajer perlu memiliki beberapa pengetahuan khusus. 9 9. Tantangannya ialah dimana kita harus tetap bisa menjaga kepuaasan dan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan dan pelayanan masyarakat itu merupakan hal yang terpenting bagi berjalan atau tidaknya suatu perusahaan. 110. Etika bisnis perusahaan analisis lingkungan mikro dan makro serta konsep Amati Tiru serta Modifikasi yang menjadi diferensiasi dengan bisnis seje nis. 111. Contoh tanggung jawab sosial apabila suatu perusahaan yang kegiatan bisnisnya menyangkut hidup orang banyak maka perlu legalitas bisnis dilingkungan setempatManusia adalah makhluk sosial, maka ia melakukan interaksi sebagai tuntutan alam. Manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dalam suasana yang terisolasi. Dengan kata lain, manusia senantiasa membutuhkan bantuan manusia lain. Hukum sebagai sesuatu yang berkenaan dengan manusia, maka hubungan manusia dengan sesama manusia lainnya ada dalam suatu pergaulan hidup. Sebab tanpa pergaulan hidup tidak akan ada hukum ( ibi societas ibi ius, zoon politicon ). Hukum berfungsi untuk mengatur hubungan pergaulan antara manusia. Tetapi tidak semua perbuatan manusia itu memperoleh pengaturannya. Hanya perbuatan atau tingkah laku yang diklasifikasikan sebagai perbuatan hukum saja yang menjadi perhatian. (Lili Rasjidi, 1982:8) Hubungan hukum itu terdiri dari ikatan-ikatan antara individu dengan individu dan antara individu dengan masyarakat. Dalam usahanya mengatur, hukum menyesuaikan dengan kepentingan masyarakat secara baik. Sebagai kumpulan peraturan atau kaedah, hukum mempunyai isi yang bersifat umum dan normatif, umum karena berlaku bagi setiap individu atau setiap orang, normatif karena menentukan apa yang seyogyanya dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, serta menentukan bagaimana cara melaksanakan kepatuhan pada kaedah-kaedah. Kaedah hukum bertujuan untuk melindungi kepentingan manusia sebagai makhluk sosial. Karenanya kaedah tersebut harus ditaati, harus dilaksanakan dan dipertahankan, tapi bukannya dilanggar. Melakukan pelanggaran terhadap kaedah hukum dinilai buruk, sebaliknya patuh terhadap kaedah itu adalah baik. Olehnya itu kaedah hukum dpat juga disebut sebagai kaedah etis. (Sudikno Mertokusumo,1991:36) Etika itu menyelidiki segala perbuatan manusia kemudian menetapkan hukum baik atau buruk, tetapi bukanlah semua perbuatan itu dapat diberi hukum, sebagaimana perbuatan manusia itu ada yang timbul tanpa kehendaknya seperti bernapas, denyut jantung dan memicingkan mata dengan tiba-tiba. Ada pula perbuatan manusia yang timbul karena kehendak dan setelah dipikir masak-masak akan hasil dan akibatnya, sebagaimana orang yang melihat pembangunan rumah sakit yang dapat memberi manfaat kepada orang banyak untuk meringankan penderitaan yang sakit, kemudian ia lalu bertindak untuk membangun rumah sakit itu. Begitu pula jika ada orang bermaksud akan membunuh musuhnya, lalu memikirkan cara-caranya dengan pikiran yang tenang, kemudian ia melakukan apa yang ia kehendaki. Inilah perbuatan yang disebut perbuatan kehendak, yang dapat diberi hukum baik atau buruk. (Ahmad Amin,1995:3) Jadi etika sebagai usaha manusia untuk menilai mana yang baik dan mana yang buruk terhadap perbuatan yang dilakukan. Karena dengan mengetahui nilai baik dan buruk itu, sehingga manusia terdorong untuk melakukan perbuatan berdasarkan nilai itu tadi. Jika di dalam suatu masyarakat tertanam nilai kebaikan pada masing-masing individu, maka nilai tersebut akan tercermin dalam perilakunya dengan melakukan perbuatan baik, sehingga akan menjadi etika pada masing-masing individu tersebut. Suatu ketika yang sudah tertanam kuat dalam masyarakat akan memudahkan untuk menciptakan suatu kaedah, sehingga kedamaian dapat diwujudkan. B. Rumusan Masalah Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya yaitu 1. Apakah hukum itu. A. Pengertian Hukum Untuk memperoleh gambaran mengenai defenisi hukum sangatlah sulit, tetapi bukan berarti tidak perlu membuat suatu defenisi hukum. Menurut Achmad Ali (2002:9-10) bahwa hukum merupakan sesuatu yang luas dan abstrak, hukum terlalu luas aspeknya, meskipun dalam manifestasinya bisa berwujud konkrit. Penggunaan defenisi hukum lebih banyak tergantung pada aspek mana hukum itu dipandang. Sehubungan dengan hal tersebut, Rusli Effendy dkk (1991:6) mengutip pendapat Immanuel Kant menyatakan bahwa 8220 noch suchen die juristen eine definition zu ihrem begriffe von recht 8221 artinya, tidak ada seorang jurispun yang dapat memberikan defenisi hukum secara tepat. Kedua pernyataan pakar tersebut, memberikan isyarat bahwa betapa hukum itu sulit untuk diberikan defenisi. Akan tetapi, sebagai suatu pegangan untuk kelengkapan berbagai defenisi hukum, maka dapat diambil pendapat beberapa pakar. Hans Kelsen mendefenisikan hukum sebagi suatu perintah memaksa terhadap tingkah laku manusia, jadi hukum adalah kaidah primer yang menetapkan sanksi-sanksi. Pandangan ini sangat mencerminkan ciri positivisnya, Kelsen melihat hukum positif sebagai satu-satunya hukum, karena memisahkan dari segala pengaruh anasir-anasir non hukum seperti moral, politis, ekonomis, sosiologis, dan sebagainya. Pandangan semacam ini tidak relevan lagi dalam masa modern ini. (Achmad Ali,2002:29) Emmanuel Kant mendefenisikan hukum sebagai suatu keseluruhan kondisi-kondisi di mana terjadi kombinasi antara keinginan-keinginan pribadi seseorang dengan keinginan-keinginan pribadi orang lain sesuai dengan hukum umum mengenai kemerdekaan. Defenisi Kant tidak memisahan antara hukum dan kaidah sosial lainnya. Jika hanya sekedar kondisi yang menciptakan kombinasi keinginan pribadi seseorang dengan pribadi lainnya maka kondisi seperti itu juga mampu diciptakan oleh kaedah sosial lainnya seperti moral, kesopanan dan agama. (Ibid:27) Jadi defenisi tersebut, lebih ditekankan pada aspek kepatuhan dan pembatasan terhadap kehendak bebas dengan berdasar pada seperangkat peraturan. Dengan kata lain, penekanannya terletak pada aspek ketaatan. E. Utrecht memberikan pula defenisi hukum yaitu himpunan petunjuk hidup perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat, yang seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan, dan akibat pelanggaran dari petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah atau penguasa masyarakat itu. Dari defenisi ini Utrecht memandang hukum tidak sekedar kaedah, melainkan juga sebagai gejala sosial dan sebagai kebudayaan. (Ibid:32) Defenisi ini penekanannya terletak pada aspek kemanfaatan berupa jaminan ketertiban pada warga masyarakat sebagai suatu komunitas. Leon Duguit mendefenisikan hukum yang merupakan tingkah laku masyarakat, sebagai aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh warga masyarakat sebagai jaminan dari kepentingan bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran. (Ibid:22) Sedang Grotius mendefenisikan 8220 law is a rule of moral action obliging to that wich is right 8221(Ibid:27) (Hukum adalah peraturan tentang tindakan moral yang menjamin keadilan). Kedua defenisi tersebut, menunjukkan terhadap penekanan berupa jaminan keadilan. Curzon (1979:140) mendefenisikan hukum yakni, 8220 Law is the sum of the conditions of social life in the widest sense of the term, as secured by the power of the states through the means of external compulsion 8221 (Hukum adalah sejumlah kondisi kehidupan sosial dalam arti luas, yang dijamin oleh kekuasaan negara melalui cara paksaan yang bersifat eksternal). Sejalan dengan hal tersebut, Achmad Ali (2002:35) cenderung melihat hukum sebagai seperangkat kaedah atau aturan yang tersusun dalam suatu sistem, yang berisikan petunjuk tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan oleh manusia sebagai warga masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, yang bersumber baik dari masyarakat sendiri maupun dari sumber lain, yang diakui berlakunya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, serta benar-benar diberlakukan oleh warga masyarakat (sebagai suatu keseluruhan) dalam kehidupannya, dan jika kaedah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan bagi otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi yang sifatnya eksternal. Bagi kalangan Muslim, yang dimaksudkan sebagai hukum adalah hukum Islam, yaitu keseluruhan aturan hukum yang bersumber dari Al-Quran, dan dalam kurun waktu tertentu lebih dikonkritkan oleh Rasulullah Muhammad SAW dalam tingkah laku beliau, yang biasa disebut Sunnah Rasul. Kaedah-kaedah yang bersumber dari Allah SWT kemudian lebih dikonkritkan dan diselaraskan dengan kebututhan zamannya melalui ijtihad atau penemuan hukum oleh para mujtahid dan pakar pada bidangnya masing-masing. Seperti Al-Imam Abu Hamid Al-Ghazzali berpendapat bahwa 8220Fiqhi itu bermakna faham dan ilmu. Namun pada uruf ulama telah menjadi sesuatu ilmu yang menerangkan hukum-hukum syara yang tertentu bagi perbuatan-perbuatan para mukallaf, seperti wajib, haram, mubah, sunnat, makruh, shahih, fasid, bathil, qadla, ada dan sepertinya8221. (Ibid:33-34) Begitu pula oleh Ahmad Zaki Yamani memberikan pengertian syariat Islam secara luas dan sempit. Syariat Islam secara luas yaitu meliputi semua hukum yang telah disusun dengan teratur oleh para ahli fiqhi dalam pendapat-pendapatnya tentang persoalan di masa mereka, atau yang mereka perkirakan akan terjadi kemudian, dengan mengambil dali-dalil langsung dari Al-Quran dan Al-Hadits, atau sumber pengambilan hukum seperti ijma, qiyas, istihsan, isitish-shab dan mashalih mursalah. Sedang syariat Islam secara sempit adalah terbatas pada hukum-hukum yang berdalil pasti dan tegas, yang tertera dala Al-Quran dan Hadits shaheh atau ditetapkan dengan Ijma.(Ibid:34) Berdasarkan dengan beberapa pendefenisian hukum tersebut, maka dapat dikatakan bahwa hukum merupakan persoalan suruhan dan larangan, baik secara lahiriyah maupun bathiniyah, sehingga kalau suruhan itu dilaksanakan tentu mendapat hadiah/pahala, dan jika larangan dilakukan tentu mendapat sanksi/ganjaran. Dasarnya Al-Quran Surah An-Nisa ayat (59) yang maksudnya: 8220Hai orang-orang yang beriman taatilah Allah dan taatilah Rasul-Nya dan orang-orang yang berkuasa di antara kamu, jika di antaramu ada perbedaan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasulnya, jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian, yang demikian itu lebih utama bagimu dan lebih baik akibatnya. Dengan demikian itu, bahwa terjadinya perbedaan di antara para pakar tentang pendefenisian hukum disebabkan oleh perbedaan sudut pandang. Betapa luas aspek hukum sehingga menimbulkan beragam defenisi yang luas cakupannya. Hukum terkadang dipandang dari sudut sosiologi, hukum biasanya ditinjau dari aspek kesejarahan, serta hukum adakalanya dilihat dari segi filsafat, dan dari segi agama. B. Pengertian Etika Pada kehidupan manusia terentang dalam suatu jaringan norma-norma yang berupa larangan, pantangan, kewajiban-kewajiban dan lain sebagainya. Norma-norma itu terdiri atas norma-norma tehnis, norma sopan santun, norma hukum, norma moral dan norma-norma keagamaan (A. Gunawan Setiardja,1990:90). Norma-norma itulah yang menjadi kekuatan normatif untuk diperhitungkan dan dipijakinya dalam kehidupan dan pencarian pemenuhan kebutuhan hidup antar manusia. Rumusan tersebut kemudian ditarik dalam sebuah defenisi inti bernama 8220moral8221 (etika). Orang tinggal menyebut seseorang yang melanggar hukum dengan julukan sebagai penjahat atau pelecehan moral hukum. Seperti seseorang yang melakukan perzinaan maka dapat disebut sebagai pelanggar moral keagamaan. Juga seseorang yang melakukan satu jenis pelanggaran dapat disebut sebagai pelanggar sekian macam kaedah moral. Kemudian jika seseorang berbicara tentang hal-hal yang baik, hidup teratur, bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan, tidak melanggar aturan main, maka hal itu sudah masuk dalam studi mengenai bagaimana hidup yang berlandaskan etika dan bagaimana hidup yang disebut melanggar etika. (Abdul Wahid,1997:2) Bertens mengemukakan bahwa, 8220etika8221 berasal dari bahasa Yunani kuno 8220 ethos 8221 dalam bentuk tunggal yang berarti adat kebiasaan, adat isitadat dan akhlak yang baik. Bentuk jamak dari 8220 ethos 8221 adalah 8220 ta etha 8221 artinya adat kebiasaan. Dari bentuk jamak tersebut, terbentuklah istilah 8220etika8221 yang oleh filsuf Yunani Aristoteles dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Berdasarkan asal usul kata 8220etika8221 ini, maka diartikan ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. (Abdulkadir Muhammad, 2001:13) W. J.S. Poerwadarminta (1999:278) dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia mengartikan etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral). Pandangan ini selain menyamakan antara etika dengan moral, juga menyamakan etika dengan akhlak, yang dalam etika Islam dikategorikannya pada dua akhlak, yaitu akhlak yang baik disebut 8220 akhlaqul mahmudah 8221 dan akhlak yang berkaitan dengan perilaku buruk disebut 8220 akhlaqul madzmumah 8221. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan,1989:237) merumuskan pengertian etika dalam tiga arti yaitu: 1) ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak) 2) kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak dan 3) nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. Inu Kencana Syafiie (1994:1) menjelaskan bahwa etika sama artinya dengan kata Indonesia 8220kesusilaan8221 yang terdiri dari bahasa sansekerta 8220su8221 berarti baik, dan 8220sila8221 berarti moral kehidupan. Jadi etika menyangkut kelakuan yang menuruti norma-norma yang baik. Pengertian ini menempatkan etika sebagai seperangkat norma dalam kehidupan manusia yang tidak berbeda dengan norma-norma kesusilaan. E. Sumaryono (1995:12) menjelaskan pula pengertian etika yaitu berasal dari istilah bahasa Yunani ethos yang mempunyai arti adat istiadat atau kebiasaan yang baik. Bertolak dari pengertian ini kemudian etika berkembang menjadi studi tentang kebiasaan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya. Selain itu, etika juga berkembang menjadi studi tentang kebenaran dan ketidak benaran berdasarkan kodrat manusia yang diwujudkan melalui kehendak manusia. Berdasarkan perkembangan arti tadi, etika dapat dibedakan antara etika perangai dan etika moral. Etika perangai adalah adat istiadat atau kebiasaan yang menggambarkan perangai manusia dalam hidup bermasyarakat di daerah-daerah tertentu, seperti berbusana adat, upacara adat, perkawinan semenda dan sebagainya. Sedang etika moral adalah yang berkenaan dengan kebiasaan berperilaku baik dan benar berdasarkan kodrat manusia, hal ini terwujud dalam bentuk kehendak manusia berdasarkan kesadaran berupa suara hati nurani, seperti berbuat jujur, menghormati guru, menyantuni anak yatim, membela kebenaran dan keadilan serta banyak lagi yang lain. (Abdulkadir Muhammad,2001:15) Hamzah Yakub (1983:13) merumuskan bahwa, etika adalah ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk serta memperlihatkan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran. Sudikno Mertokusumo (1991:36) merumuskan pula pengertian etika yaitu usaha manusia untuk mencari norma baik dan buruk. Etika diartian juga sebagai 8220 the principles of morality 8221 atau 8220 the field of study or morals or right conduct 8221. Secara lebih sederhana dapatlah dikatakan bahwa etika adalah filsafat tingkah laku atau filsafat mencari pedoman untuk mengetahui bagaimana manusia bertindak yang baik atau etis. Pendapat E. Wayne Mondy dan Robert M. Noe tentang etika yang dikutif oleh Moekijat (1995:6) menyatakan bahwa 8220 ethics is the discipline with is good and bad or right and wrong or with moral duty and obligation 8221. Etika adalah suatu disiplin (keadaan pengendalian diri sendiri dan tingkah laku) yang berkaitan dengan apa yang baik dan buruk atau dengan apa yang benar dan apa yang salah atau dengan hak dan kewajiban moral. Pandangan Sudarsono (1993:188) tentang etika yaitu ilmu yang membahas tentang perbuatan manusia baik atau buruk sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Etika disebut juga akhlak atau disebut pula moral. Imam Al-Gazali (tt:56) mendefenisikan etika (akhlak) dengan. Artinya: 8220Kebiasaan jiwa yang terpatri dalam diri manusia yang dengannya dapat menimbulkan berbagai tingkah laku (perbuatan), tanpa memerlukan pemikiran dan pertimbangan8221. Mencermati dari sekian rumusan tentang etika (moral), maka dapat dikatakan bahwa etika itu suatu studi dan panduan tentang perilaku yang harus dikerjakan atau sebaliknya tidak dilakukan oleh manusia. Apa yang disebut sebagai perbuatan baik atau buruk dijadikannya sebagai muatan secara umum dari etika. Etika merupakan pandangan hidup dan pedoman tentang bagaimana orang itu seyogyanya berperilaku. Etika yang berasal dari kesadaran manusia merupakan petunjuk tentang perbuatan mana yang baik dan mana yang buruk. Etika juga merupakan penilaian atau kualifikasi terhadap perbuatan seseorang dan atau merupakan nilai moralitas yang sesuai dengan standar moral dan nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan masyarakat. Dengan demikian itu, etika adalah studi tentang kebenaran dan ketidak benaran yang didasarkan atas kodrat manusia, yang bermanifestasi di dalam kehendak manusia. Nilai-nilai moral yang dikembangkan dengan maksud untuk memungkinkan adanya kehendak bebas. Nilai-nilai tersebut juga terwujud secara nyata di dalam setiap kontak antar individu dalam pelaksanaan kewajiban dan kesadaran masing-masing individu sehingga norma-norma moral yang berlaku selalu mendapatkan perhatian dan pembahasan dalam segala situasi yang melingkari hidup manusia. Jadi ajaran etika paralel dengan ajaran moral, yang mengajarkan orang supaya setiap berkomunikasi bersikap jujur, sopan dan berakhlak, saling hormat-menghormati dan saling toleransi dalam arti yang positif. C. Hubungan Antara Hukum Dan Etika Interaksi antar individu dalam suatu masyarakat seringkali menimbulkan gesekan yang saling berbenturan. Oleh karena itu, diperlukan suatu tatanan dalam masyarakat yang mampu menciptakan keteraturan, ketertiban dan ketetntraman. Tatanan yang dimaksudkan adalah sebuah perangkat yang berisi petunjuk-petunjuk tingkah laku berupa kaedah hukum. Selain kaedah hukum terdapat pula beberapa kaedah dalam masyarakat yang diperlukan sebagai upaya untuk mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan. Purnadi Purbacaraka (1993:7-8) menjelaskan bahwa kaedah-kaedah itu sebagai patokan atau pedoman untuk hidup, namun hidup mempunyai dua aspek secara umum, yaitu aspek hidup pribadi dan aspek hidup antar pribadi. Setiap aspek hidup tersebut mempunyai kaedah-kaedahnya masing-masing yaitu: 1. Pada aspek hidup pribadi mencakup. ا. Kaedah-kaedah kepercayaan / keagamaan untuk mencapai kesucian hidup pribadi atau kehidupan ber-Iman. ب. Kaedah-kaedah kesusilaan (moral/etika dalam arti sempit) yang tertuju pada kebaikan hidup pribadi atau kebersihan hati nurani dan akhlak. 2. Pada aspek hidup antar pribadi meliputi. ا. Kaedah-kaedah sopan santun yang maksudnya untuk kesedapan hidup b. Kaedah-kaedah hukum yang tertuju kepada kedamaian hidup bersama. Menurut Satjipto Rahardjo (1991:33) bahwa kaedah hukum memuat suatu penilaian mengenai perbuatan tertentu. Hal itu jelas tampak dalam bentuk suruhan dan larangan. Kaedah hukum ini diwujudkan dalam bentuk petunjuk bertingkah laku. Oleh karena itu kaedah hukum disebut juga petunjuk tingkah laku. Lebih lanjut dijelaskan bahwa hukum sebagai kebiasaan yang menjalani pelembagaan kembali untuk memenuhi tujuan yang lebih terarah dalam kerangka apa yang disebut hukum. Melalui pelembagaan itu digarap secara khusus sehingga memperoleh bentuk yang dapat dikelola secara hukum. Dalam suatu peristiwa yang belum ada kaedah hukumnya, maka pengadilan (lembaga yudikatif) tidak boleh menolak untuk memeriksa dan mengadili suatu perkara dengan alasan tidak ada hukumnya, (vide pasal 14 ayat (1) UU No.14 Tahun 1970) dan hal ini mungkin saja terjadi karena kaedah sosial yang non hukum ada dalam masyarakat. Oleh karena itu, untuk menetapkan hukumnya terhadap peristiwa yang belum ada kaedah hukumnya, maka pengadilan dalam hal ini hakim harus merujuk kaedah-kaedah atau nilai-nilai hukum yang hidup dan berkembang di dalam masyarakat. Olehnya itu hakim sebagai penegak hukum dan keadilan sekaligus sebagai pembentuk hukum, maka wajib baginya menggali dan memahami nilai-nilai hukum yang hidup dalam masyarakat (vide pasal 27 ayat (1) UU No.14 Tahun 1970). Dengan demikian itu, dalam mewujudkan kedamaian dalam suatu masyarakat, muatan hukum berupa sebuah perangkat peraturan-peraturan dan petunjuk-petunjuk tingkah laku yang berisikan kaedah-kaedah kepercayaan/keagamaan, kaedah-kaedah kesusilaan, kaedah-kaedah kesopanan dan kaedah-kaedah hukum yang merupakan suatu keniscayaan. Sehubungan dengan hal tersebut, antara hukum dan etika adalah menyangkut perbuatan manusia dan tujuan keduanya hampir sama, yaitu mengatur perbuatan manusia untuk kebahagiaan mereka. Namun lingkungan etika lebih luas, etika memerintahkan berbuat apa yang berguna dan melarang berbuat segala apa yang mudharat. Sedang hukum tidak demikian, karena banyak perbuatan yang terang berguna tidak diperintahkan oleh hukum, seperti berbuat baik kepada fakir miskin, dan perlakuan baik kepada orang tua, demikian juga beberapa perbuatan yang mendatangkan kemudharatan tidak dicegah oleh hukum, umpamanya dusta dan dengki. Hukum tidak mencampuri hal ini, karena hukum tidak memerintahkan dan tidak melarang, kecuali apabila dapat menjatuhkani hukuman kepada orang yang menyalahi perintah dan larangan. Terkadang untuk melaksanakan suatu undang-undang itu hajat mempergunakan cara-cara yang lebih membahayakan kepada ummat, dari apa yang diperintahkan atau dicegah oleh undang-undang. Demikian pula ada beberapa keburukan yang samar-samar, seperti mengingkari nikmat dan berkhianat, dan ini undang-undang tidak sampai untuk menjatuhkan siksaan kepada pelakunya. Olehnya itu, tidak dapat jatuh di bawah kekerasan undang-undang dan keadaannya dalam hal itu bukan seperti pencurian dan pembunuhan. Perbedaan lainnya adalah bahwa hukum melihat segala perbuatan dari jurusan hasil atau akibatnya yang lahir, sedang etika menyelami gerak jiwa manusia yang bathin dan meskipun tidak menimbulkan perbuatan lahir. etika juga menyelidiki perbuatan yang lahir. (Ahmad Amin,1995:10) Lebih jelas dapat dikatakan bahwa hukum itu dapat berkata 8220jangan mencuri dan jangan membunuh8221, tetapi tidak dapat berkata sesuatu tentang kelanjutannya. Sedang etika bersamaan dengan hukum di dalam mencegah pencurian dan pembunuhan, sehingga dapat menambahkan dengan kata 8220jangan berpikir dalam keburukan atau jangan menghayalkan yang tidak berguna8221. Hukum dapat menjaga hak milik manusia, dan mencegah orang yang akan melanggarnya, tetapi tidak dapat memerintahkan kepada si pemilik agar mempergunakan miliknya untuk kebaikan. Adapun yang dapat memerintahkan adalah etika. Dengan demikian itu, etika sebagai pedoman untuk mengetahui bagaimana seharusnya manusia bertindak yang baik atau etis dan menghindari perbuatan buruk. Secara sederhana dapat dikatakan, bahwa etika mencoba marangsang timbulnya perasaan moral, mencoba menemukan nilai-nilai hidup yang baik dan benar, serta mengilhami manusia supaya berusaha mencari nilai-nilai tersebut. Sedang hukum merupakan seperangkat kaedah atau norma yang tersusun dalam suatu sistem yang berisikan petunjuk bertingkah laku, tentang apa yang boleh dan apa yang tidak boleh dilakukan dan disertai dengan sanksi, yang bersumber dari masyarakat sendiri maupun dari sumber lain yang diakui keberlakuannya oleh otoritas tertinggi dalam masyarakat tersebut, dan benar-benar diberlakukan oleh warga masyarakat. Jika kaedah tersebut dilanggar akan memberikan kewenangan pada otoritas tertinggi untuk menjatuhkan sanksi. Agar dengan sanksi itu, masyarakat diharapkan supaya selalu berada dalam koridor yang baik serta menghindarkan diri dari perbuatan melanggar hukum, guna menciptakan kedamaian dalam masyarakat. Kedamaian di sini adalah suatu keadaan yang mencakup dua hal, yaitu ketertiban atau keamanan dan ketentraman atau ketenangan. Ketertiban atau keamanan menunjukkan pada hubungan atau komunikasi lahiriyah, jadi melihat pada proses interaksi para pribadi dalam kelompok masyarakat. Sedang Ketentraman atau ketenangan menunjuk pada keadaan bathiniyah, jadi melihat pada kehidupan bathiniyah ( internal life ) masing-masing pribadi dalam kelompok masyarakat. (Purnadi Purbacaraka dkk,1993:20) Dengan demikian itu, dapat dipahami bahwa hubungan hukum dan etika sangat erat. Ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan.(Sudikno Mertokusumo,1991:36). Pengertian-pengertian dasar hukum adalah pengertian yang saling berhubungan antara nilai, etika, kaedah dan pola perilaku. Hukum ditujukan kepada manusia sebagai makhluk sosial. Sebaliknya etika ditujukan kepada manusia sebagai individu, yang berarti bahwa hati nuranilah yang memiliki peranan karena disitulah perasaan yang berfungsi. Sasaran etika semata-mata adalah perbuatan manusia yang dilakukan dengan sengaja. Baik atau buruk, tercela dan tidak tercela, suatu perbuatan itu dihubungkan dengan ada tidaknya kesengajaan, kalau ada unsur kesengajaan dalam pelanggaran maka tercela. Maka seseorang itu harus bertanggung jawab atas perbuatannya yang disengaja. Perbuatan yang disengaja itu harus sesuai dengan kesadaran etisnya. Apa yang menurut masyarakat demi kedamaian dalam arti ketertiban dan ketentraman, serta kesempurnaan yang baik, itulah baik. Hukum adanya hanya dalam masyarakat manusia, sedangkan masyarakat manusia itu beraneka ragam, maka dapatlah dikatakan bahwa ukuran baik dan buruk dalam hal ini tidak mungkin bersifat universal, karena hukum itu terikat pada daerah atau wilayah tertentu. Kesadaran etis bukan hanya berarti sadar akan adanya kebaikan dan keburukan, tetapi lebih dari itu, harus ada kesadaran untuk mewujudkannya dalam perilaku. Karena pelanggaran etika bukan merupakan pelanggaran kaedah hukum melainkan dirasakan sebagai pertentangan hati nurani. Sementara kaedah hukum berisikan pedoman tingkah laku yang mengarahkan tindakan manusia pada perilaku yang baik, dan menghindarkan perbuatan buruk, serta mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa dengan ancaman sanksi. Akan tetapi jangkauan hukum kadang terbatas, sehingga hati nuranilah yang memiliki peran yang sangat penting dan luas terhadap etika bagi setiap orang.

No comments:

Post a Comment